Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tidak Semua Spons Baik Seperti Spongebob

Tidak Semua Spons Baik Hati Seperti Spongebob

Tidak Semua Spons Baik Hati Seperti Spongebob
Siapa yang tidak kenal Spongebob? Wah, hampir semua orang kenal Spongebob! Tokoh binatang spons yang berhati lembut, tidak tega menyakiti hati temannya. Namun, ternyata, tidak semua binatang spons berbentuk kotak seperti Spongebob, lo. Juga, tidak semua binatang spons baik hati seperti Spongebob. Ada binatang spons yang kanibal. Mereka suka menjebak udang dan memakannya. Wah, kenapa saudaranya Spongebob bersifat kanibal, ya?
Biasanya di Laut Dangkal
Binatang spons dikenal hidup di laut dangkal bersama terumbu karang. Spons biasanya hanya makan bakteri yang berenang di air laut. Mereka mencari makan dengan cara menyaring air. Yups, air disaring dengan rambut-rambut halus di tubuh spons. Bakteri yang tersaring, lalu dimakan oleh spons. Hmm, jumlah bakteri di laut banyak sekali. Spons tidak pernah kekurangan bakteri untuk dimakan.
Sengsara di Laut Dalam
Namun, tidak demikian halnya dengan spons yang hidup di laut dalam. Laut dalam sangat miskin makanan. Spons yang hidup di laut dalam sering kelaparan karena kekurangan makanan atau bakteri.
spons kanibal
Bentuk spons kanibal seperti ranting gundul. Di ranting itu banyak kait untuk menangkap udang. Foto: 2006 MBARI
 Nah, gara-gara, kekurangan makanan, spons di laut dalam mengubah rambutnya menjadi kait yang tajam. Kait itu dipakai untuk menangkap dan menusuk hewan yang lewat di antara tubuh spons.
Hup! Udang yang tertusuk kait spons laut dalam, tidak bisa bergerak. Dalam beberapa jam, udang tersebut langsung habis dimakan spons. Waduh, kasihan si udang! Tidak ada udang yang selamat dari kait spons laut dalam.  Tidak heran, spons ini dijuluki spons kanibal.
Seperti Ranting Gundul
Bentuk spons laut dalam berbeda sekali dengan spons laut dangkal. Spons laut dangkal berbentuk tabung kotak. Sementara, bentuk spons kanibal mirip ranting gundul tanpa daun. Di sepanjang ranting spons kanibal, tumbuh rambut-rambut berbentuk kait. Kait ini berguna untuk menangkap mangsa.
Tempat Tinggal Spons Kanibal
Para ahli menemukan empat macam spons kanibal di lautan Pasifik, Teluk California, dan kepulauan Vancouver. Spons kanibal tersebut dinamai Asbestopluma monticola , Asbestopluma rickettsi ,Cladorhiza caillieti , dan Cladorhiza evae .
Hmm, nama spons kanibal bagus-bagus, ya. Tapi hati-hati jika bertemu keempat spons itu. Jangan membayangkan spons kanibal sebagai Spongebob yang baik hati, ya!
Teks : Johanna Ernawati
Sumber: Lundsten, L., Reiswig, H.M., and Austin, W.C. (2014) Four new species of Cladorhizidae (Porifera, Demospongiae, Poecilosclerida) from the Northeast Pacific. Zootaxa 3786 (2): 101–123
Foto: 2006 MBARI

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar