Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Dunia Permen


Dunia Permen
Dunia Permen
Siapa yang suka permen? Pasti banyak yang suka, kan? Makanan manis ini memang menjadi kesukaan anak-anak di seluruh dunia selama berabad-abad.
Permen sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak lama. Permen umumnya berasal dari gula. Awalnya, sebelum manusia mengenal gula dari tebu, permen dibuat dari madu. Rasanya, tentu saja manis. Karena hampir semua orang di seluruh dunia menyukai permen, permen juga ada di seluruh dunia. Jenisnya bermacam-macam.
Dodol, permen lunak yang banyak ditemukan di Indonesia. Sumber foto: en.wikipedia.org.
Dodol, permen lunak yang banyak ditemukan di Indonesia. Sumber foto: en.wikipedia.org.
Permen keras. Permen ini kerasnya hampir seperti batu. Ada juga yang menyebutnya gula batu. Rasanya manis dengan aneka rasa. Ada rasa buah, cokelat, susu, mint, dll. Bentuknya, ada yang kecil dan bisa dimasukkan ke dalam mulut, ada juga yang menggunakan stik seperti lolipop.
Permen lunak. Seperti namanya, permen ini lunak. Bisa digigit!Marshmallow adalah permen lunak yang paling terkenal. Dodol juga termasuk permen lunak, lo. Makanan ini banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Bahannya beraneka ragam, mulai dari beras ketan sampai durian.
Ampyang. Sumber foto: resepbogaku.com.
Ampyang. Sumber foto: resepbogaku.com.
Permen kapas. Permen ini bentuknya seperti kapas. Kita juga mengenalnya dengan nama gulali. Serabut seperti kapas itu terjadi karena gula yang mencair ketika dipanaskan. Cairan ini diputar dengan kecepatan tinggi dan dikumpulkan dengan menggunakan stik. Permen kapas biasanya selalu ada di pasar malam dan tempat rekreasi.
Permen kacang. Permen ini sebenarnya kacang yang bersalut gula. Rasa gurih kacang memang cocok dipadukan dengan manisnya gula. Kacang juga sering dicampurkan dengan cokelat. Indonesia juga mengenal permen kacang yang dikenal dengan nama ampyang, yang menjadi oleh-oleh khas daerah Jawa Tengah.
Permen karet. Permen ini terbuat dari karet yang ditambahkan pemanis. Rasa dan bentuknya bermacam-macam. Permen yang bisa ditiup menjadi balon ini hanya boleh dikunyah dan tidak boleh ditelan.
Candy Crush Saga, permainan tentang permen yang terkenal di dunia. Sumber foto: qz.com.
Candy Crush Saga, permainan tentang permen yang terkenal di dunia. Sumber foto: qz.com.
Orang-orang di dunia tidak hanya suka memakan permen. Permainan tentang permen juga sangat disukai. Candy Crush Saga terkenal di seluruh dunia. Banyak orang yang memainkannya sampai level ratusan. Wah!
Ssstt…tahukah kamu kalau Majalah Bobo memberikan hadiah 6 buah permen, lo! Kamu bisa mendapatkannya di Majalah Bobo nomor 5 yang terbit tanggal 8 Mei 2014.
Rasa manis permen memang membuat kita ingin terus-terusan memakannya. Namun, kita juga harus hati-hati, jangan sampai kebanyakan makan permen. Terlalu banyak makan yang manis akan merusak gigi. Kamu enggak mau, kan, senyum manismu jadi terganggu karena gigimu rusak?
Sumber: en.wikipedia.org

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar