Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Negeri Kubah Bawang


Negeri ini memiliki gedung-gedung kuno dengan kubah berbentuk bawang. Kenapa, ya?
Terpanjang, Terluas, Terpenting
Negara Rusia adalah negara terluas dan terpanjang di dunia. Wilayahnya membentang dari benua Eropa sampai benua Asia. Apalagi ketika negara Rusia masih berbentuk Uni Soviet, yaitu gabungan negara bagian (soviet).
Kini negara bagian Rusia banyak yang merdeka. Tapi di Rusia masih terdapat rel kereta api terpanjang di dunia. Itulah rel kereta api Trans-Siberia yang membentang sepanjang 10 ribu kilometer. Ssst, panjang rel Trans-Siberia ini sama dengan sepertiga keliling Bumi, lo. Perjalanan kereta Siberia membutuhkan waktu 7 hari dari ujung barat sampai ujung timur.
Rusia juga mempunyai danau terbesar di dunia. Danau terbesar itu bernama danau Baikal. Danau Baikal menjadi sumber air tawar terpenting di Rusia.
Bawang Warna Warni
Umbi bawang di Rusia bisa berubah jadi bawang warna-warni dan menggiurkan. Hihihi … Bawang itu memang bukan bawang sayuran. Bawang itu adalah atap gedung-gedung kuno berbentuk bawang.
gedung bawang rusia
Gedung berkubah bawang di Rusia dibuat agar salju mudah meluncur dari atap.
Yaps, atap gedung gereja di Rusia berbentuk bawang. Zaman dulu orang Rusia membuat atap bawang agar salju mudah meluncur dari atap ketika musim salju.
Namun, ada juga yang berpendapat. Atap tersebut dibuat karena orang Rusia dulu mengagumi atap kubah di Turki. Hmm, uniknya, kubah memang atap khas Turki tapi justru orang Rusia yang membuat kubah bawang sangat indah. Kubah bawah di Rusia warna warni seperti permen.
Buku dan Balet
Orang Rusia paling suka membaca buku. Itu karena buku sangat murah di Rusia. Ssst, orang yang paling miskin di Rusia dapat membeli 10 buku setiap bulan. Akibatnya, sejak kecil anak-anak Rusia sudah biasa membaca buku. Anak-anak Rusia biasa mengobrol bacaan yang biasa mereka baca. Eh, tulisan Rusia punya huruf yang berbeda, lo. Huruf orang Rusia disebut huruf Glagolitic. Huruf Glagolitic mirip huruf Yunani.
Orang Rusia juga suka seni. Negara Rusia mengatur agar tiap orang Rusia punya kesempatan menonton pertunjukan seni. Baik orang miskin atau orang kaya. Sejak kecil anak-anak menonton pertunjukan boneka dan balet. Balet di Rusia adalah balet terindah di dunia. Pemusik Rusia terkenal menciptakan musik balet yang rumit. Misalnya Tchaikovsky membuat musik balet Swan Lake, The Nutcracker, dan Sleeping Beauty.
Jagoan Luar Angkasa
monumen yuri gagarin
Monumen Yuri Gagarin di Rusia.
Tiap orang Rusia bisa masuk perguruan tinggi gratis. Karena itu tidak heran banyak orang Rusia yang menyukai sains. Orang Rusia adalah orang yang pertama kali meluncurkan pesawat ke luar angkasa. Orang Rusia juga orang yang pertama meluncurkan manusia ke antariksa. Orang Rusia yang pertama terbang ke luar angkasa bernama Yuri Gagarin.
Ssst, zaman dulu tidak semua negara bisa menerbangkan manusia ke antariksa, lo. Ilmu menerbangkan orang ke antariksa sangat rumit. Prestasi antariksa orang Rusia hanya bisa ditandingi negara Amerika Serikat.
Tradisi Saling Menolong
Tradisi orang Rusia banyak yang tidak diketahui bangsa lain. Soalnya, Rusia sempat menjadi negara yang tertutup.
Padahal, sebenarnya orang Rusia suka saling menolong, lo. Orang Rusia dikenal tidak egois. Orang Rusia saling mengandalkan teman. Artinya, segala kegiatan di Rusia sering dilakukan secara bersama-sama. Tiap orang menolong orang lain. Hubungan keluarga di Rusia juga sangat erat. Saat menyambut tamu, orang Rusia menyediakan roti bertabur garam. Roti bertabur garam ini lambang keramahan orang Rusia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar